TIDAK MENGAMBIL APAPUN KECUALI FOTO,TIDAK MEMBUNUH APAPUN KECUALI WAKTU DAN TIDAK MENINGGALKAN APAPUN KECUALI JEJAK KAKI

Wednesday, June 24, 2009

PUNCAK SLAMET

Gunung Slamet, salah satu gunung di jawa yang sangat eksotis, terletak di wilayah propinsi Jawa tengah dan menjadi perbatasan 5 wilayah kabupaten yaitu Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, Bumiayu, terletak di 7°14,30' LS dan 109°12,30' BT dengan ketinggian 3432 Mdpl merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, dan tertinggi kedua di Jawa setelah Gunung Semeru.
Pendakian saya lakukan pada pagi hari agar dapat menikmati udara yang sejuk, hijaunya hutan dan kicauan burung yang indah, melalui jalur Guci relatif lebih alami dan vegetasi lebih rapat dibandingkan Jalur Bambangan. Walaupun begitu, jalan setapak ke puncak cukup berat. Jalur berdebu hanya dirasakan diantara dekat batas vegetasi yaitu batas terahir yang merupakan batas vegetasi dengan batuan vulkanik bagi para pendaki biasanya melakukan istirahat guna memulihkan tenaga sebelum menuju puncak.
Dari batas vegetasi sampai puncak dibutuhkan waktu antara 1.5 - 2 jam dengan lintasan batuan vulkanik bercampur pasir yang sangat terjal, mengingat di daerah ini sering terjadi badai gunung, oleh karena itu pendakian saya lakukan pada pagi hari agar dapat menikmati keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa.
Saya berharap dengan tulisan ini jalur Guci menjadi lebih populer sehingga dapat berdampak positif bagi pariwisata dan ekonomi masyarakat Desa Guci.


No comments:

Post a Comment